https://www.facebook.com/Pelatihan-Geomining-Sofware-Palangkaraya-484856634998767/

Rabu, 17 April 2013

LAPORAN KEGIATAN SURVEY TINJAU PT. PUTRA PERKASA INDAH



KESAMPAIAN DAERAH PENINJAUAN
Kesampaian daerah peninjauan dapat ditempuh melalui jalur darat yang berjarak kurang lebih 60 Km dari Kota Samarinda, Kalimantan Timur dengan menempuh waktu kurang lebih 2.5 jam perjalanan menuju lokasi peninjauan. 







Geologi Daerah Peninjauan
Pada daerah peninjauan sebagian besar merupakan dataran dan endapan rawa, sehingga outcrop yang tersingkap jarang ditemui, karena tertutup oleh lapisan soil yang tebal. Pada daerah peninjauan PT. Putra Perkasa Indah ditemukan 6 lubang test pite, tetapi lapisan batubara tidak dapat dilakukan pengamatan dikarenakan lubang testpite telah dipenuhi oleh air dan runtuhan/longsoran lapisan diatasnya. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari pihak PT. Putra Perkasa Indah pada masing – masing lubang test pite, batubara telah diketemukan pada kedalaman 5 – 8 meter.



 

Dari hasil peninjauan lapangan yang dilakukan pengukuran lapisan batuan hanya dapat dilakukan di lokasi bukaan tambang sekitarnya. Yaitu di lokasi tambang PT. Mandala Tambang Utama dan CV. Batuah.
Pada lokasi tambang PT. Mandala Tambang Utama hanya dapat dilakukan pengukuran batuan lempung dengan arah strike/dip N 62o E/5 o dikarenakan batubara yang terekspose telah tertutup kembali lapisan OB (Over Barden) yang dilakukan oleh perusahaan tersebut, sedangkan sampel batubara yang diambil didapatkan pada stockpile PT. Mandala Tambang Utama yang berdasarkan keterangan karyawan perusahaan tersebut tebal dari batubara adalah 60 -80 cm.

Pada lokasi Tambang CV. Batuah dapat dilakukan interprestasi dilapangan dan pengukuran lapisan batubara dengan arah jurus dan kemiringan batuan relatif N 80o E/4 o, dengan ketebalan lapisan batubara ± 20 cm. Sedangkan untuk lapisan batubara 80 cm dilokasi CV. Batuah masih dalam proses pengupasan lapisan diatasnya. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari karyawan CV. Batuah untuk lapisan IB (Inter Barden) antara lapisan batubara 20 cm dengan lapisan batubara 80 cm berkisar 5-8 m.
 

InfraStruktur Daerah Peninjauan
Pada daerah peninjauan PT. Putra Perkasa Indah dilalui oleh jalan houling PT. Sinar Mas, yang mana jarak jalan houling dari lokasi PT. Putra Perkasa Indah menuju Sungai Mahakam hanya berjarak ± 25 km, dengan kondisi yang masih cukup bagus dan terawat. Dimana jalan houling ini juga dipergunakan oleh PT. Mandala dan CV. Batuah untuk houling batubara sampai ke pelabuhannya masing-masing di Sungai Mahakam. 



KESIMPULAN
  1. Formasi batuan di daerah telitian terdiri dari Formasi Pamaluan, Formasi PuluBalang dan Alluvium.
  2. Morfologi daerah peninjauan dapat dibagi menjadi satu satuan, yaitu satuan alluvium. Satuan morfologi alluvium dicirikan dengan kerakal, kerikil, pasir, lumpur, dan sisa tumbuhan (rawa) dan dataran rendah. Menempati 100 % pada daerah peninjauan.
  3. Dari hasil peninjauan lapangan yang dilakukan pengukuran lapisan batuan hanya dapat dilakukan di lokasi bukaan tambang sekitarnya. Yaitu di lokasi tambang PT. Mandala Tambang Utama dan CV. Batuah. Dan dapat diinterprestasikan dilapangan bahwa jurus batubara dari 2 lokasi tambang tersebut masih masuk ke daerah peninjauan PT. Putra Perkasa Indah. 
  4. Dari hasil sample yang diambil dari PT. Mandala Tambang Utama dan CV. Batuah Batubara di daerah ini umumnya dicirikan oleh :
a.           Warna       :  hitam
b.           Kilap         :  kaca/cerah
c.           Gores        :  hitam
d.           Pecahan    :  concoidal
e.           Cleat        :  rapat
f.            Mineral lain: pirit dan damar sedikit ditemui sebagai
pengisi rekahan






Tidak ada komentar:

Posting Komentar