https://www.facebook.com/Pelatihan-Geomining-Sofware-Palangkaraya-484856634998767/

Rabu, 17 April 2013

Daerah Kecamatan Longiram, Kabupaten Kutai Barat



KESAMPAIAN DAERAH PENINJAUAN
Kesampaian daerah peninjauan ke 3 lokasi peninjauan tersebut masing – masing dapat ditempuh melalui jalur darat dan jalur air yang berjarak kurang lebih 55 Km dari Kota Kecamatan  Barong Tongkok / Melak, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur dengan menempuh waktu kurang lebih 8 jam perjalanan menuju lokasi peninjauan. Jalur darat ditempuh selama 2 jam melalui jalur houling PT.UC (United Coal) dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat menuju Kecamatan Longiram seberang, dilanjutkan menggunakan perahu very penyeberangan selama 3 jam menuju pelabuhan PT. ACK (Agro City Kaltim) melalui Sungai Mahakam, dan kemudian dilanjutkan kembali menggunakan jalur darat melalui jalan houling PT. ACK (Agro City Kaltim) selama 3 jam.



Geologi Daerah Peninjauan
Berdasarkan Peta Geologi Regional Lembar Long Pahangai Kalimantan ( H.Z. Abidin, P.E. Pieters, D. Sudana, 1993), menunjukkan bahwa batuan yang tersingkap di daerah peninjauan termasuk dalam Formasi Batuan Gunungapi Metulang (TmQm) menempati sekitar 2 % daerah peninjauan dan Formasi Ujoh Bilang (Tou), Batu lumpur, sedikit batupasir, menempati sekitar 99 % daerah peninjauan.
Dari hasil peninjauan lapangan yang dilakukan, batuan-batuan yang terdapat di daerah ini pada umumnya adalah batulempung. Penyebaran umum batuan berarah Barat Laut – Tenggara dan kemiringan batuan antara  10° - 15°.


Singkapan batubara dengan tebal 70 cm dilokasi pengamatan CO1 dengan jurus dan kemiringan lapisan N 120o E./?° dibagian Timur sebelah luar daerah peninjauan PT. Jaya Redco.


KESIMPULAN
  1. Formasi batuan di daerah telitian terdiri dari Formasi Batuan Gunungapi Metulang (TmQm) : Lava, breksi lava, tufa, agglomerate, breksi lahar, bersusunan basa sampai andesit. Tubuh terobosan kecil diorite, dolerite, andesit porfir dan Formasi Ujoh Bilang (Tou) : Batu lumpur, sedikit batupasir.
  2. Morfologi daerah peninjauan yaitu struktural bergelombang sedang – kuat.
  3. Batuan di daerah peninjauan pada umumnya batulempung dan batuan beku andesit.
  4. Singkapan batubara pada bagian timur sebelah luar lokasi PT. Jaya Redco Sejahtera terdapat 1 (Satu) lapisan batubara dengan tebal 70 cm, dan menempati elevasi yang cukup tinggi dibandingkan daerah sekitarnya. Kemungkinan ditemukannya singkapan batubara di lokasi PT. Citra Energy, PT. Jaya Redco, PT. Sang Prabu ini sangat sulit ditemukan, karena lapisan batubara sudah tererosi pada bagian atas serta litologi batuan beku andesit bagian dari Formasi Gunungapi Metulang mendominasi hampir dari keseluruhan konsesi PT. Jaya Redco dan batulempung bagian dari Formasi Ujo Bilang juga mendominasi hampir dari keseluruhan konsesi PT. Citra Energy dan PT. Sang Prabu. Jadi lokasi daerah peninjauan ini tidak memungkinkan keberadaan batubara dengan penyebaran yang cukup luas.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar